Selasa, Maret 03, 2009

CARA HIDUP ROSULULLAH
Dalam kehidupan sehari-hari Rasulullah telah memberikan teladan, tidak saja kehidupan ruhaniah tetapi juga kehidupan lahir, dengan cara hidup sehat. Ada tujuh hal utama cara hidup sehat ala Rasulullah yaitu:
Membiasakan diri BANGUN PAGI
Bangun pagi sangat baik untuk kesehatan, umat Islam perlu dan butuh bangun pagi bahkan sebelum datangnya waktu shalat Shubuh. Melaksanakan shalat sunnah dan shalat shubuh berjamaah
Senantiasa Menjada Kebersihan
Rasulullah senantiasa tampil rapi dan bersih. Tiap hari Kamis atau Jum'at selalu mencuci rambut-rambut tipis di pipinya, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi.
Tidak Banyak Makan

Rasulullah bersabda: " Kami adalah sebuah kaum yang tidak akan makan kecuali lapar, dan apabila makan tidak samapai kekenyangan. dalam tubuh manuasia terdapat tiga ruang didalam perutnya yaitu: sepertiga untuk udara, sepertiganya untuk air, dan sepertiga yang terkhir untuk makanan. Islam juga mengajarkan pola makan yang teratur. Ibadah Puasa baik wajib maupun sunnah adalah salah satu medianya.

Membiasakan Berjalan kaki ( Olah Raga )
Kebiasaan Rasulullah yang lain adalah berjalan kaki apabila hendak pergi ke masjid, pasar, mengunjungi rumah sahabat, dan pergi ke medan perang. Dengan berjalan kaki keringat mengalir keluar lewat pori-pori, aliran darah menjadi lebih teratur.
Tidak Pemarah
Nasehat Rasulullah SAW: "Jangan marah, jangan marah, jangan marah", diulang sampai tiga kali.Ini menunjukan hakekat kekuatan seorang muslim tidak hanya terletak pada fifik semata tetapi lebih jauh lagi, yaitu: dilandasi oleh kekuatan jiwa
Optimis dan tidak mudah putus asa
Tidak iri hati
Sikap Optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa, sehingga tetap sabar, istiqomah, bekerja keras dan tawkal kepada Allah Swt.

Tidak Iri hati
Untuk menjaga stabilitas hati dan kesehatan jiwa juga mentalitas, maka menjauhkan sifat iri hati adalah tindakan preventif yang sangat tepat.

Disarikan dari Warta pegadaian Edisi 139/Thn.XX/2007 hal 39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar